PASAR
EKONOMI
Pasar
ekonomi
Dalam
pengertian sederhana, pengertian pasar adalah sebagai tempat bertemunya pembeli
dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Sedangkan arti
pasar adalah suatu tempat dimana pada hari tertentu para penjual dan pembeli
dapat bertemu untuk melakukan jual-beli barang. Adapun definsi pasar adalah
sebagai mekanisme (bukan hanya sekedar tempat) yang dapat menata kepentingan
pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual.
Bentuk pasar pada
strukturnya
Pasar
persaingan sempurna merupakan struktur pasar atau industri di mana terdapat
banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi
keadaan di pasar.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna :
- Terdapat banyak penjual dan pembeli di dalamnya artinya tidak hanya satu penjual dan pembeli yang ada di dalam pasar, jadi yang menentukan harga bukanlah pembeli atau penjual, tetapi keseluruhan interaksi antara pembeli dan penjual.
- Barang yang diperjual belikan homogen (serupa), terkadang pembeli tidak dapat membedakan barang produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.
- Perusahaan dapat dengan bebas keluar masuk pasar tersebut, suatu perusahaan bebas menentukan ingin keluar atau memasuki pasar persaingan sempurna karena hampir tidak ada hambatan bagi perusahaan untuk keluar ataupun masuk ke pasar tersebut.
Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
- Harga Jual barang dan jasa adalah yang termurah
- Jumlah Output Paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal)
- Tidak takut ditipu dalam kualitas harga (informasi sempurna)
Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
- Kelemahan dalam hal asumsi
- Kelemahan dalam pengembangan teknologi
- Konflik efisiensi keadilan
2. Pasar Monopolistik
Pasar
monopolistik adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem,
yaitu persaingan sempurna dan monopoli. Dapat didefinisikan suatu pasar dimana
terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak.
Karakteristik Pasar Monopolistik
- Terdapat banyak penjual, oleh karena itu suatu produsen hanya memiliki pengaruh yang kecil dalam penentuan harga barang.
- Barang yang dihasilkan berbeda corak, ini adalah faktor terpenting uang membedakan pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan sempurna. Secara fisik mudah membedakan produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.
- Masuk ke dalam industri sangat mudah, hambatan untuk masuk ke dalam pasar ini tidak sesulit dalam pasar monopoli atau oligopoli, tetapi juga tidak semudah dalam pasar persaingan bebas karena butuh modal yang besar untuk menghasilkan barang yang berbeda corak dengan yang sudah tersedia di pasar.
Kelebihan Pasar Monopolistik
- Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatif kecil.
- Kelebihan kapasitas produksi relatif kecil
- Kenikmatan konsumen yang tinggi karena beragamnya produk, peningkatan kualias, dan meningkatnya kebebasan konsumen dalam memilih output
Kelemahan Pasar Monopolistik
- Permintaan yang sangat elastic
- Harga jual masih lebih besar daripada biaya marjinal
- Kapasitas berlebih
- Jika output ditambah melebihi output keseimbangan, maka akan terjadi kerugian.
3. Pasar Oligopoli
Pasar
oligopoli adalah pasar yang terdiri dari hanya beberapa produsen saja.
Adakalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja yang dinamakan
pasar duopoli.
Pasar
oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil perusahaan. Biasanya terdapa
perusahaan raksasa yang menguasai sebagian besar pasar oligopoli katakanlah 70
– 80 persen dari seluruh produksi atau nilai penjualan dan di samping itu
terdapat pula beberapa perusahaan kecil. Beberapa perusahaan dapat mempengaruhi
perusahaan- perusahan lain. Sifat saling mempengaruhi ( mutual interdependence
) ini merupakan sifat yang khusus dari perusahaan dalam pasar oligopoli yang
tidak terdapati dalam bentuk pasar lainnya.
Karakteristik Pasar Oligopoli
- Sedikit produsen dalam suatu pasar, akibatnya keputusan yang diambil oleh satu produsen akan sangat mempengaruhi produsen yang lain. Oleh karena itu Produsen-produsen yang ada saling bersepakat untuk melakukan tindakan bersama di dalam menentukan harga dan tingkat produksi
- Produk yang dihasilkan homogen atau sama, ada 2 tipe, yang pertama adalah produsen barang standar atau bahan mentah, yang ke-dua adalah produsen barang yang berbeda corak, biasanya barang akhir atau barang jadi.
Kelebihan Pasar Oligopoli
- Hanya sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
- Oligopoli dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan lawan
- Oligopoli dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif kecil
Kelemahan Pasar Oligopoli
- Efisiensi hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar
- Pengambilan keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
- Membutuhkan kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan
4. Pasar Monopoli
Monopoli
adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan
perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang
sangat dekat.
Karakteristik pasar monopoli:
- Hanya ada satu produsen
- Produsen bebas menentukan harga
- Adanya hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk ke dalam pasar monopoli
- Output yang besar karena permintaannya banyak
- Biaya marginal semakin lama semakin menurun, sehingga biaya produksi (AC) makin rendah (decreasing MC dan AC)
Kelebihan Pasar Monopoli
- Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
- Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi
- Mampu meningkatkan investasi ekonomi
- Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
Kelemahan Pasar Monopoli
- Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
- Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
- Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
- Membruknya kondisi perekonomian Internasional
Ciri-ciri dan perbedaan
setiap pasar :
Ciri-ciri
|
Persaingan Sempurna
|
Monopolistik
|
Oligopoli
|
Monopoli
|
Jumlah Produsen atau penjual
|
Banyak penjual,
setipa penjual memiliki pangsa pasar yang amat kecil
|
Banyak penjual
tetapi arti dari tiap penjual tidak terlalu kecil
|
Sedikit
|
Hanya satu
|
Tingkat diferensiasi produk
|
Produk persis
sama (homogen)
|
Produk mempunyai
keistimewaan tertentu, namun mungkin saling menggantikan
|
Beberapa di
antaranya identik, beberapa lainnya terdiferensiasi
|
Tidak mempunyai
produk pengganti
|
Kemampuan produsen menentukan
harga
|
Tidak dapat
menetapkan harga
|
Mempunyai
kekuasaan untuk menentukan harga
|
Ada beberapa
kekuasaan pengendalian
|
Kekuasaan untuk
menentukan harga sangat besar
|
Metode pemasarn atau penjualan
|
Pertukaran di
pasar, lelang
|
Iklan ,
persaingan mutu
|
Iklan,persaingan
harga, bonus,
|
Iklan promosi
lewat humas
|
Keterlibatan Sektoral dalam
perekonomian
|
Dalam sektor
pertanian, komoditi-komoditi yang dipasarkan secara intenasional
|
Sangat umum di
segala sektor perekonomian
|
Sangat umum di
segala sektor perekonomian
|
Sarana dan
prasarana (utilities), industri-industri yang sangat “dilindungi” karena
pertimbangan khusus
|
Contoh produk yang diusahakan
|
Padi,jagung dan
berbagai produk pertanian khususnya tanaman pangan
|
Sabun,
deterjen,pasta gigi,obat-obatan, kosmetika dan pakaian jadi
|
Semen, baja,
kertas, pupuk, mesin, mobil, minyak ( di dunia)
|
Listrik,
telepon,air minum, gas, dan bahan bakar minyak (di Indonesia)
|
Sumber
atau referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar